Minggu, 29 Juni 2014

Honda Jazz VS Toyota Yaris Terbaru

Honda Jazz VS Toyota Yaris Terbaru

Daya saing antara dua perusahaan terkenal otomotif yakni Honda dan Toyota terus berlanjut dengan perbandingan spesifikasi produk-produk nya.

Jakarta, KompasOtomotif — PT Honda Prospect Motor (HPM) langsung melancarkan nada optimistis dengan kemunculan All-New Jazz generasi ketiga. Keberadaan hatchback terlaris di Indonesia itu langsung menantang rival terdekat, Toyota All-New Yaris, yang sudah diluncurkan PT Astra Toyota Motor pada awal 2014. Persaingan lebih mempertimbangkan sisi harga dan fitur.
Memang, HPM tidak terang-terangan menyebut Yaris sebagai rival utama. Sebab, masih ada hatchback sekelas yang siap menggerogoti pasar, di antaranya Ford Fiesta, Mazda2, Suzuki Swift, Kia All-New Rio, Hyundai Grand Avega, dan Chevrolet Aveo.
Namun, dari presentasi yang disajikan Large Project Leader Honda R&D Tochigi Center Makoto Konishi serta Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy ketika peluncuran All-New Jazz, Kamis (26/6/2014), tampak jelas Honda membidik Yaris sebagai penantang utama. Beberapa kali spesifikasi dibandingkan antara Jazz dan model ”Y” yang disinyalir adalah Yaris.
”Sudah jelas kami optimistis menantang rival dan dengan fitur yang baru serta harga kompetitif, kami siap terus menjadi leader di segmen hatchback,” tegas Jonfis menanggapi pertanyaan wartawan soal rivalitas dengan Yaris.
Strategi harga
Soal fitur dan desain biasanya berhubungan dengan selera. Namun, yang menarik, Honda mampu menghadirkan Jazz baru dengan harga yang tak jauh beda ketimbang model lama dengan strategi memperbanyak komponen lokal.
Varian tertinggi (RS A/T) cuma naik Rp 5,5 juta menjadi Rp 248 juta, atau masih lebih murah ketimbang Yaris TRD Sportivo A/T (tertinggi) di angka Rp 256,1 juta. Sementara di tipe terendah, All-New Yaris E M/T tembus Rp 219 juta. Sedangkan All-New Jazz tipe terendah (A M/T) Rp 199 juta. Meski demikian, Yaris mempunyai tipe terendah dengan transmisi otomatik, sementara Jazz tidak.

Berikut perbandingan lengkap harga keduanya:

All-New Toyota Yaris

E M/T Rp 219,2 juta
E A/T Rp 229 juta
G M/T Rp 227,2 juta
G A/T Rp 237 juta
TRD S M/T Rp 245,4
TRD S A/T Rp 256,1

All-New Honda Jazz

A M/T Rp 199 juta
S M/T Rp 217 juta
S CVT Rp 227 juta
RS M/T Rp 238 juta
RS CVT Rp 248 juta

0 komentar:

Posting Komentar